Kunjungan ke salah satu museum di Hong Kong memberikan peluang yang sangat baik untuk belajar lebih banyak tentang sejarah yang memukau yang telah membentuk kota besar ini dan budayanya yang unik. Mencakup sejarah, sains, seni, dan bahkan ruang angkasa, ini hanyalah segelintir dari beragam museum di Hong Kong yang layak dikunjungi.

Museum Warisan Hong Kong

Terletak di Sha Tin, arsitektur khas museum adalah contoh dari siheyuan Cina tradisional (senyawa yang terdiri dari halaman tengah yang dikelilingi oleh bangunan di keempat sisinya). Sorotan dari enam pameran permanen termasuk Cantonese Opera Heritage Hall, teater bambu yang direkonstruksi dengan indah di mana Anda dapat menonton video opera lama dengan subtitle bahasa Inggris, dan Galeri TT Tsui, yang menampilkan seni China dekoratif dan indah termasuk keramik, tembikar dan perunggu. Museum ini juga harus dikunjungi oleh penggemar Bruce Lee, karena kolaborasi dengan Yayasan Bruce Lee telah menghasilkan seluruh pameran yang didedikasikan untuk legenda seni bela diri yang akan berlangsung hingga 20 Juli 2020. Koleksinya berisi 600 item memorabilia bintang, termasuk surat-surat asli kepada istrinya, buku catatan yang diisi dengan coretan-coretan, melawan sketsa koreografi dan wawancara eksklusif.

Museum Luar Angkasa Hong Kong

Merupakan rumah bagi planetarium pertama Hong Kong, Museum Luar Angkasa Hong Kong mudah dikenali di tepi laut Tsim Sha Tsui karena kubahnya yang berbentuk telur. Menyusul peningkatan HK $32 juta pada tahun 2018, museum membuka dua ruang pameran baru, Hall of the Cosmos dan Hall of Space Exploration, yang menampung berbagai pameran baru yang interaktif. Pengunjung memiliki kesempatan untuk mengalami bagaimana rasanya menjadi tanpa bobot di stasiun ruang angkasa dalam pengalaman Disorientasi dalam Ruang atau menjelajahi galaksi virtual di papan selancar dalam pameran Gravity Surfing.

Museum Sejarah Hong Kong

Sejarah satu-satunya di Hong Kong benar-benar layak untuk dijelajahi, dan tidak ada tempat yang lebih baik untuk mempelajarinya lebih banyak daripada di Museum Sejarah Hong Kong. Daya tarik utama adalah tampilan permanen yang disebut Cerita Hong Kong. Terdiri dari delapan galeri lengkap dengan replika seukuran aslinya dan lusinan tampilan multimedia, pameran ini membawa Anda pada perjalanan yang menakjubkan melalui sejarah yang telah membentuk kota dan budayanya. Ini mencakup pengembangan wilayah, dari hari-hari paling awal hingga pemerintahan Inggris dan penyatuan kembali dengan Cina pada tahun 1997. Arkeologi museum dan koleksi sejarah setempat berjumlah lebih dari 70.000 item, sehingga ada banyak yang bisa diamati. Menarik juga melihat bagaimana Hong Kong menyajikan kisahnya sendiri kepada dunia.

Tai Kwun, Pusat Warisan dan Seni

Bekas kompleks Kantor Polisi Pusat ini telah diubah menjadi pusat warisan dan seni di salah satu proyek konservasi terbesar di kota ini, dengan biaya HK $3.8 miliar. Fokusnya di sini adalah seni kontemporer, dan tempat ini menyelenggarakan enam hingga delapan pameran setiap tahun serta program seni pertunjukan reguler. Pengunjung memiliki kesempatan untuk menjelajahi sejarah situs melalui ruang-ruang penuturan kisah warisan yang ditentukan yang tersebar di seluruh situs, dan melalui tur yang ditawarkan dari kompleks Kantor Polisi Pusat yang bersejarah dan penjara pertama Hong Kong, Penjara Victoria. Ini adalah tempat awal yang sangat baik untuk merenungkan sejarah kolonial bertingkat Hong Kong. Kompleks ini juga mencakup restoran-restoran besar, beberapa bar dan toko-toko butik pengrajin lokal untuk mengisi bahan bakar dan mengambil beberapa suvenir setelah menjelajahi museum dan galeri.

Museum Sains Hong Kong

Museum Sains Hong Kong berisi lebih dari 500 pameran yang menawarkan eksplorasi interaktif sains, teknologi, dan astronomi. Pameran tanda tangan museum adalah Mesin Energi, alat setinggi 22 meter (72 kaki) yang mencakup keempat tingkat museum. Ini memiliki trek logam sepanjang 1.6 kilometer (satu mil) yang dirancang untuk bola bergulir; itu menunjukkan prinsip konversi energi ketika bola memukul drum dan gong di sepanjang jalan. Mesin ini berusia lebih dari 20 tahun dan merupakan salah satu patung kinetik terbesar di dunia. Pameran permanen lainnya termasuk galeri World of Mirrors yang menghibur, di mana Anda dapat melihat diri Anda terdistorsi, tertekan dan memanjang dalam berbagai refleksi, dan bagian Transport di lantai tiga, yang menampilkan pesawat DC-3 yang ditangguhkan dari langit-langit.

Museum Maritim Hong Kong, Pulau Hong Kong

Museum Maritim Hong Kong, di jantung Central Harbour Waterfront, adalah tempat yang harus dikunjungi untuk membaca sekumpulan koleksi benda bersejarah yang mencakup sejarah perdagangan dan maritim di Hong Kong. Pastikan untuk tidak melewatkan simulator KM Koo Ship Bridge yang terletak di museum A-deck. Simulator tingkat profesional ini memungkinkan pengunjung untuk mengalami bagaimana rasanya mengarahkan berbagai kapal yang berlayar di perairan lokal dan dalam kondisi cuaca yang berbeda. Ini termasuk tongkang kontainer, kapal berkecepatan tinggi, dan bahkan Star Ferry yang terkenal dan ikon. Museum ini juga menampilkan pameran yang luar biasa yang membawa pengunjung melalui pembangunan Hong Kong sebagai pelabuhan dari tahun 1841 hingga penciptaan Pelabuhan Victoria.

Museum Seni Hong Kong

Terletak di sebelah Museum Luar Angkasa di tepi pantai Tsim Tsa Tsui, Museum Seni Hong Kong yang paling terkenal adalah rumah bagi koleksi lebih dari 16.000 benda seni, termasuk lukisan dan kaligrafi Cina, barang antik Cina dan seni perdagangan Cina serta karya-karya oleh seniman lokal. Dalam program pertukaran seniman yang sedang berlangsung, seniman internasional juga secara teratur memamerkan di sini. Museum ini telah ditutup untuk renovasi dan ekspansi sejak Agustus 2015 tetapi akan dibuka kembali pada November 2019 dengan blok lampiran baru yang mampu menampung karya seni kontemporer yang lebih besar dan lebih monumental.

Flagstaff House Museum of Tea Ware

Dibangun pada tahun 1846 sebagai Rumah Pusat untuk Mayor Jenderal George Charles D’Aguilar, bangunan ini adalah contoh tertua arsitektur Barat di Distrik Tengah. Ia menerima nama ‘Flagstaff House’ pada tahun 1932 dan menampung komandan pasukan Inggris sampai tahun 1978. Sekarang menjadi Museum Perkebunan Teh di Hong Kong, memberikan pengunjung sekilas ke budaya minum teh Tiongkok dan upacara melalui beberapa pameran, demonstrasi , pertemuan teh dan kuliah. Terletak di dalam Taman Hong Kong, Museum Tea Ware juga menawarkan parkir gratis dan tiket masuk.

Arsip Film Hong Kong, Lei King Road

Industri film Hong Kong pernah menjadi industri film bergerak ketiga terbesar di dunia. Museum arsip lima lantai ini memainkan peran penting dalam melestarikan warisan sinematik kota dengan melestarikan film-film Hong Kong dan artefak terkait. Museum ini menyelenggarakan pemutaran retrospektif, pameran, seminar, dan simposium secara reguler pada film. Ada juga teater pemutaran film dan perpustakaan multimedia yang menampung buku-buku terkait bioskop dan salinan film lama yang tersedia bagi mereka yang ingin meneliti sejarah film Hong Kong yang mengesankan.