Chiang Mai di utara Thailand santai, tenang dan indah. Waktu yang dihabiskan di sini adalah penangkal suasana Bangkok yang sibuk dan terburu-buru. Theo Porter dari kantor kami di London baru-baru ini mengalami kota ini di Time for Thailand kami. Di sini dia berbagi lima hal yang tidak boleh dilewatkan di Chiang Mai.

Aktivitas Adrenalin

Chiang Mai adalah mimpi pecandu adrenalin. Semuanya, mulai dari zip lining hingga arung jeram serta bersepeda off-road dan kayak, semuanya tersedia.

Dengan hutan hujan hijau yang mengelilingi kota, ini adalah lokasi yang sempurna untuk zip line melalui kanopi hijau yang rimbun. Ada banyak perusahaan yang menawarkan petualangan ini, jadi Anda bisa menghabiskan pagi atau sepanjang hari di atas pepohonan.

Atau jika Anda bukan penggemar ketinggian tetapi lebih nyaman di (atau mudah-mudahan keluar) air maka arung jeram adalah untuk Anda. Arung jeram ke jeram kelas III dan IV, yang digolongkan sebagai beberapa yang terbaik di Thailand, adalah cara yang menyenangkan untuk menghabiskan hari.

Memukul Toko

Chiang Mai memiliki banyak pilihan belanja. Dari mal modern yang mengilap hingga pasar jalanan tradisional, ada banyak pilihan untuk membuat para pembelanja tetap sibuk. Mereka yang mencari penawaran harus pergi ke Chiang Mai Night Bazaar. Kios-kios yang luas ini menawarkan berbagai macam barang untuk dijelajahi dan dibeli.

Baca Juga:  8 Destinasi Wisata Terbaik di Swedia

Dua pasar lain yang patut dikunjungi adalah pasar jalan kaki Chiang Mai, yang diadakan di Jalan Ratchadamneon pada hari Minggu, dan Jalan Jalan Kaki Wualai yang terletak di selatan kota tua dan berlangsung pada hari Sabtu.

Bagi mereka yang tertarik dengan payung tradisional yang telah menjadi ikon budaya Chiang Mai, Anda harus pergi ke Desa Kerajinan Bo Sang. Terletak sekitar 10 km dari kota, di sini Anda akan menemukan payung kertas yang didekorasi dengan indah serta kipas tangan Jepang.

Kuil yang Menggoda

Dengan lebih dari 300 kuil yang tersebar di seluruh kota, akan sangat mudah untuk menghabiskan beberapa hari di sini hanya dengan mengunjungi ‘Wats’ ini. Kuil paling terkenal di Chiang Mai tidak diragukan lagi adalah Wat Phra That Doi Suthep, kuil emas indah yang menghadap ke kota. Tetapi ada beberapa lagi yang ingin Anda kunjungi.

Terletak tepat di jantung kota adalah Wat Chedi Luang. Kuil besar ini berasal dari tahun 1385, dengan beberapa renovasi yang diperlukan di sepanjang jalan. Tepat di sebelahnya adalah Wat Phan Tao. Kuil jati ini berasal dari abad ke-14 dan menawarkan kontras yang menarik antara jubah oranye para biarawan dan kayu gelap kuil. Selama festival Visakha Bucha, para biksu berduyun-duyun ke kuil dan menyalakan ratusan lampu di sekitar halaman dan kolam.

Baca Juga:  10 Gua Paling Terkenal di Slovenia

Untuk kuil yang lebih atmosferik, di luar kota Anda akan menemukan Wat Umong. Terletak di hutan, daya tarik candi berusia 700 tahun ini adalah terowongan mempesona yang membentang di bawah stupa. Dihiasi dengan lukisan dinding dan patung Buddha, ini adalah tempat yang sangat menarik untuk dijelajahi.

Memasak Badai

Makanan Thailand yang lezat, hidangan yang dibuat dengan bahan-bahan segar dan menggabungkan rasa manis, pedas dan asin. Chiang Mai khususnya memiliki reputasi sebagai surga pecinta kuliner, kios jalanan, pasar, dan restoran yang menyajikan hidangan lezat. Kemungkinan besar Anda ingin membuat ulang hidangan ini setelah liburan.

Untungnya, ini dapat dicapai dengan menghadiri salah satu kelas memasak langsung di Chiang Mai. Anda akan kagum dengan betapa mudahnya menyiapkan hidangan lezat ini.

Ada lusinan sekolah memasak di seluruh kota. Anda akan belajar cara memasak sup pedas, pasta kari dari awal, dan lumpia. Kemungkinan besar Anda juga akan mencoba membuat hidangan khas Thailand, Pad Thai. Dan hal terbaik tentang kelas ini adalah Anda bisa makan semua yang Anda buat dengan penuh cinta.

Pergi untuk Mendaki

Taman Nasional Doi Inthanon adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan diri dari panasnya kota dan terhubung kembali dengan alam. Puncak tertinggi Thailand, dengan ketinggian 2.565m, dijuluki ‘atap Thailand’.

Gunung dan taman nasional ini penuh dengan keindahan alam yang mempesona. Taman nasional dijalin dengan jalur hiking yang membawa Anda melewati hutan tropis, melewati pegunungan terjal, dan melewati air terjun yang berjatuhan. Ini juga merupakan surga bagi satwa liar, dengan 362 spesies burung yang berbeda dan 65 mamalia.

Baca Juga:  7 Tempat Wisata Terindah di Yordania

Pemandangan dari sini benar-benar menakjubkan, membentang bermil-mil pada hari yang cerah. Seperti banyak pemandangan spektakuler, mereka berada di sana terbaik saat matahari terbit dan terbenam.