Berdiri dengan bangga di Kawasan Konservasi Ngorongoro Tanzania adalah Kawah Ngorongoro. Atraksi Afrika yang sangat banyak dikunjungi ini adalah kaldera vulkanik tidak aktif, tak terputus, dan tak terisi terbesar di dunia. Apa lagi yang perlu diketahui tentang keajaiban alam ini? Cari tahu dengan sepuluh fakta menarik kami tentang Kawah Ngorongoro.

  1. Kawah Ngorongoro terbentuk ketika gunung berapi besar meletus dan runtuh dengan sendirinya. Ledakan ini menciptakan kaldera sekitar dua setengah juta tahun yang lalu.
  2. Saat masih menjadi gunung berapi, ukurannya diperkirakan mirip dengan Gunung Kilimanjaro, salah satu gunung tertinggi di dunia. Perkiraan ketinggian asli gunung berapi bervariasi antara 4.500 hingga 5.800 meter. Kawah itu sendiri memiliki kedalaman sekitar 610 meter dan luas 260 kilometer persegi.
  3. Sekitar 40.000 orang tinggal di kawasan konservasi. Mereka berbagi tanah dengan jumlah satwa liar yang luar biasa. Ada sekitar 30.000 hewan mulai dari macan tutul, cheetah, gajah dan hyena hingga babi hutan, kerbau, dan impala. Ini juga salah satu tempat terbaik untuk melihat badak hitam yang terancam punah dan singa jantan bersurai hitam.
  4. Anda tidak akan menemukan jerapah di kawah. Diperkirakan mereka tidak bisa masuk karena sisinya terlalu curam untuk mereka lewati. Namun, Anda masih bisa menemukannya di sekitar kawah.
  5. Kawah Ngorongoro bersama dua lainnya di kawasan ini (Olmoti dan Empakai) terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1979. Kawah ini juga merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Alam Afrika.
  6. Kawasan Konservasi Ngorongoro adalah salah satu situs prasejarah terpenting di dunia. Ngarai Olduvai terletak di Kawasan Konservasi, dan ini adalah lokasi penemuan arkeologi besar di tahun 1950-an. Fosil yang ditemukan di sini dikatakan sebagai bukti paling awal yang diketahui tentang spesies manusia, dan sangat memperluas pemahaman kita tentang evolusi.
  7. Pariwisata sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi namun jumlah pengunjung dipantau untuk menghindari kerusakan lingkungan. Sekitar 450.000 orang melakukan perjalanan ke Ngorongoro setahun dan semuanya harus mendapatkan izin untuk memasuki kawah dan ngarai.
  8. Wilayah ini telah menyambut banyak orang terkenal termasuk Pangeran William, Bill Clinton dan Ratu Denmark. Pengunjung ke Ngorongoro mencapai sekitar 60% dari 770.000 orang yang melakukan perjalanan ke Tanzania setiap tahun.
  9. Film pemenang Oscar Out of Africa difilmkan sebagian di Kawasan Konservasi Ngorongoro. Salah satu pemandangan kawah yang bisa Anda lihat adalah saat Denys lepas landas dari landasan Olkurruk dan terbang di atas Masai Mara dan Ngorongoro
  10. Kawah Ngorongoro juga disebut sebagai ‘Taman Eden’ karena keindahannya yang mempesona dan menjadi surga bagi hewan.
Baca Juga:  10 Tempat Wisata Di Belanda Wajib Anda Kunjungi